Minggu, 11 Januari 2009

Koleksi perangko ku yang terlupakan

Pagi ini, secara tak sengaja saya membuka sebuah album perangko milik anak saya. Album perangko ini sebenarnya adalah album koleksi perangko saya semasa saya masih smp kelas tiga di smpn 2 Baturetno, Wonogiri sekitar tahun 1982-1983, bisa dibayangkan berapa puluh tahun umur album perangko yang buatan cina itu, apalagi perangkonya ?.

Sebenarnya secara kepemilikan tidak berpindah tangan ke anak saya yang sekarang usianya sudah sepantar saya waktu mengoleksi perangko tersebut, hanya karena sudah dari pertengahan tahun 1990 an saya sudah tidak aktif lagi mengoleksi perangko, sebagai perangsang kepada anak saya untuk mengikuti jejak saya sebagai seorang filatelis, saya coba tunjukkan kepada anak saya apa dan bagaimana seluk beluk perangko itu, tapi yach !!! dasarnya anak sekarang memang eranya sudah lain dia lebih suka Frienster ataupun sms an, ternyata koleksi itu tidak disentuh sama sekali jadi seolah mubajir koleksian itu di tangan dia, akhirnya koleksi perangko itu tetap aku simpan dengan kondisi seperti 20 tahun yang lalu.

Sekarang kondisi saya sudah tua dan sakit-sakitan kalau koleksi saya jatuh ketangan orang yang salah yang tidak menyukai koleksi atau bukan seorang filatelis sejati sangat di sayangkan meski itu anak saya sendiri, soalnya sebagai seorang filatelis mencintai dan merawat perangko itu seperti merawat diri sendiri bahkan lebih.

Terkadang terpikir untuk menjual koleksi saya untuk biaya pengobatan saya, walaupun semasa kecil dan semasa muda telah banyak waktu, tenaga, biaya sudah saya keluarkan dan korbankan untuk koleksi saya ini, sebuah koleksi memang nilai nominalnya tidak bisa dihargai karena berhubungan dengan hati, perasaan dan kecintaan pada koleksian tersebut.

Suatu hari nanti saya berharap ada seorang dermawan yang mau membantu membeli koleksian saya dengan harga yang tinggi, untuk membantu biaya pengobatan saya yang sangat tinggi, demi untuk kesehatan akhirnya perangko yang telah sekian puluh tahun saya simpan dengan kasih sayang harus siap untuk di lepas.

Berikut ini adalah koleksi perangko pertama saya, ketika masih duduk di smp :

perangko-1980 Koleksi Perangko Pertama Saya


Cara Melepas Perangko dari Amplop tanpa merusaknya adalah sebagai berikut :
1. Gunting bagian amplop di sekitar perangko, sisakan jarak sekitar 1 cm antara bagian yang kita gunting dengan perangko yang menempel.

2. Tuangkan air secukupnya ke mangkuk, atau tempat air lainnya. air biasa saja, asal bersih dan tidak mengandung cairan kimia.

3. Masukkan potongan amplop yang tertempel perangko ke dalam air.

4. Tunggu beberapa saat sekitar 1-5 menit.

5. Perangko akan mulai terlepas dengan sendirinya, jikapun belum terlepas kita dapat menunggunya beberapa menit lagi, atau bisa juga dengan menggunakan pinset (alat penjepit) untuk melepaskannya secara perlahan.

6. Keringkan perangko tersebut, sebaiknya cukup diangin-anginkan saja. Tidak perlu menjemurnya di bawah terik panas matahari langsung karena terkadang bisa merusak kertas perangko. Selama ini saya biasanya mengeringkannya diatas landasan plastik di dalam rumah. Dalam satu - tiga jam kemudian, perangko sudah kering dan bisa kita masukkan ke album


perangko-1945 Koleksi Perangko Pertama Saya

perangko-1998 Koleksi Perangko Pertama Saya

perangko-2000-kecil Koleksi Perangko Pertama Saya

perangko-2002 Koleksi Perangko Pertama Saya


4 komentar:

  1. SARANNYA BAGUS AKAN SAYA TERAPKAN KEDEPANNYA. MAKASIH. SILAHKAN BERKUNJUNG KE BLOG SAYA KAPAN-KAPAN

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  3. Blog yang sangat informatif bagi para filatelis. Memang merawat prangko dibutuhkan kesabaran sehingga koleksi ini akan tetap terjaga, namun disinilah keunikannya. Untuk mengetahui items koleksi seputar perfilatelian dapat dilihat di : demerarguyana.blogspot.com. Salam filateli, koleksi berharga sepanjang masa.

    BalasHapus
  4. Perkenalkan, saya dari tim kumpulbagi. Saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi files menggunakan hosting yang baru?
    Jika ya, silahkan kunjungi website ini www.kbagi.com untuk info selengkapnya.

    Di sana anda bisa dengan bebas share dan mendowload foto-foto keluarga dan trip, music, video, filem dll dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis :)

    BalasHapus