Rabu, 14 Januari 2009

info obat tradisional untuk diabetes miletus

Diabetes adalah penyakit kronik (menahun) yang ditandai dengan meningkatnya kadar gula dalam darah. Peningkatan kadar gula darah ini terjadi akibat adanya gangguan pada hormon insulin yang berfungsi mentransfer glukosa (gula) dari dalam darah ke dalam sel (untuk dijadikan energi) secara tidak optimal.

Satu hal yang patut diwaspadai dari penyakit ini adalah ancaman komplikasinya. Bentuk komplikasi itu antara lain: gangguan ginjal, gangguan penglihatan, gangguan seksual, kerusakan saraf, gangguan peredarah darah dan jantung, serta mudah terkena infeksi. Namun patut dicatat, aneka komplikasi ini bisa dicegah bila penderita diabetes bisa mengontrol kadar gula darahnya agar selalu dalam batas normal.

Untuk ini, penderita wajib menerapkan pola hidup sehat (misalnya tidak merokok, tidak menenggak minuman keras, dan menghindari stres), menjalankan pola makan yang baik, melakukan aktivitas fisik (olah raga) secara teratur dan memadai, dan jangan segan untuk melakukan pemeriksaan gula darah secara berkala. Jika semua ini belum juga mampu menormalkan kadar gula darah, segera lakukan pengobatan.

Untuk mengatasi diabetes, ada sejumlah tanaman obat yang diyakini berkhasiat. Tanam-tanaman tersebut mengandung bahan aktif yang bersifat hipoglikemik (menurunkan kadar gula darah). Apa saja tanaman berkhasiat itu? Salah satunya adalah mengkudu. Kandungan proxeronine dalam buah ini bisa membantu memperbaiki sel beta pankreas yang rusak. Selain itu, proxeronine juga mampu memperbaiki reseptor insulin yang tidak berfungsi dengan baik.

Selain mengkudu, ada beberapa tanaman lain yang juga mampu meredam kadar gula darah, yaitu pare, teh hijau, dan gymnema sylvestre. Penelitian menunjukkan, zat charantin dan polypeptide-P insulin pada pare mampu merangsang sel beta pankreas untuk mensekresi insulin. ''Dua zat aktif ini memiliki sifat yang menyerupai insulin (insulinomimetik),''

Bagaimana pula dengan daun teh hijau? Polifenol pada teh hijau mampu meningkatkan sensitivitas sel terhadap insulin. Selain itu, kandungan mangan (Mn) pada teh juga dapat menguraikan molekul glukosa menjadi sumber energi.Sementara gymnema sylvestre sangat baik bagi penderita diabetes karena kandungan asam gymnemic-nya dapat meningkatkan sekresi insulin pada sel beta pankreas. ''Selain itu, tanaman ini juga bekerja dengan mencegah penyerapan glukosa pada usus.''


Tidak ada komentar:

Posting Komentar